Senin, 02 Mei 2016

Pembibitan dan Perbanyakan Phalaenopsis amabilis

Phalaenopsis amabilis
Anggrek  dapat  diperbanyak  dengan  beberapa  cara  generatif  dan vegetatif. Pembiakan secara generatif adalah sebagai berikut :

Perbanyakan  dengan  biji  buah  yang  telah  masak.  Pembiakan  ini memerlukan perlakuan yang khusus diantaranya biji harus steril dari hama dan  penyakit.  Buah  anggrek  tumbuh  setelah  terjadi penyerbukan,  baik secara  disengaja  oleh  manusia  ataupun  secara  alami  oleh  angin  dan serangga.  Di  dalam  buah  anggrek  tersebut  terdapat  ribuan  biji  yang berukuran  sangat  kecil dan  halus  bagaikan  tepung.  Perbanyakan  secara generatif ini dilakukan dengan menyebarkan biji anggrek ke media tanam. 

Secara alami tempat penyebaran biji anggrek ini hanya di sekitar akar atau tempat  tumbuh  saat buah  terbelah  dan  biji-biji  bertebaran. Bisa  juga  di tempat-tempat yang agak jauh ketika biji-biji anggrek terbawa oleh angin, serangga,  atau  hewan  lainnya.  Sementara  itu  penyebaran  biji dengan teknologi  yang  cukup  modern  bisa  dilakukan  dalam  media  agar  yangdilakukan di laboratorium khusus.

Pembibitan dan Perbanyakan Phalaenopsis amabilisamabilis
Untuk  perbanyakan  secara  vegetatif  dapat  dilakukan  dengan  dua cara, yaitu split (pemisahan rumpun/anakan) dan cara kultur jaringan. Cara split anakan adalah salah satu cara yang masih tergolong tradisional yakni mengambil  anakan  atau  tanaman  anggrek  yang  sudah  tumbuh  secara sempurna.  Sementara  itu,  kultur  jaringan  dilakukan  dengan  mengambil bagian  tanaman  muda  yang  jaringannya  masih  aktif  membelah  dan kemudian dikulturkan di laboratorium dengan menggunakan media tanam agar-agar  bernutrisi.  Pada  umumnya  perbanyakan  secra  vegetatif  sangat disukai karena anggrek akan lebih cepat berbunga dan sifat-sifat anggrek yang baru akan sama dengan indukannya.

Anggrek  merupakan  tanaman  berbunga  indah  yang  sangat menguntungkan  sekali  bagi  kita  semua,  baik  menguntungkan  dari  segi keindahan bunganya maupun segi prospek bisnisnya, maka dari itu perlu diketahui beberapa teknik pembibitan anggrek yang baik dan benar, yaitu meliputi 

Persyaratan bibit

Bibit  anggrek  yang  baik,  sehat  dan  unggul  memiliki  beberapa ciri  khusus,  yaitu  memiliki batang  yang  kuat,  pertumbuhan  pesat, daunnya  subur,  bunganya  lebat  dan  indah.  Untuk  bibit yang  masih dalam  botolan,  pilihlah  yang  tidak  terkontaminasi  jamur  atau  bakteri, pilih bibit yang tumbuh seragam dan memiliki warna daun hijau segar dan pilihlah yang memiliki jenis silangan yang sudah terdaftar. Untuk pemilihan  bibit  dalam kompot (komuniti  pot)  ataupun sledding juga dipilih bibit yang terlihat subur, daunnya hijau kuat, segar, batang dan akarkuat, tidak terserang penyakit dan hama apapun.

Penyebaran Biji

Bibit anggrek berasal dari biji yang disemaikan terlebih dahulu. Adapun penyebaran biji anggrek adalah sebagai berikut :Mempersiapkan  segala  peralatan yang  steril untuk  melakukan penyebaran biji

Mensterilkan biji

Sebelum biji anggrek disebar pada media tanam, terlebih dahulu biji  disterilkan  diluar entkas (ruang  penabur)  dengan  cara  merendam pada  cairan  spirtus  lalu  dibakar  dengan  api  (dilakukan  2  kali),  hal  ini dilakukan  guna  membunuh  bakteri  dan  jamur  yang  menempel  pada kulit luar biji anggrek.

Penyebaran biji anggrek

Setelah  biji  anggrek  disterilkan  di  luar entkas,  lalu  masukkan biji  dalam entkas kemudian  belah  perlahan  dan  hati-hati  dengan menggunakan pisau dan pinset steril. Belah bijianggrek diatas cawan petri agar biji tidak bertaburan.  Langkah selanjutnya  yakni tabur biji anggrek  tadi  pada  media  agar  yang  telah  dipersiapkan  dalam  botol secara  rata,  lalu  tutuplah  botol  kultur  yang  ada  taburan  bijinya  tadi diletakkan dalam enkas untukbeberapa waktu agar steril dari kuman dan  bakteri  (  keadaan  di  dalam  entkas  sudah  steril  karena  ada  tablet formalin yang perlahan menguap ).

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah memberi komentar. Silakan di share untuk membagi manfaat bagi banyak orang. Jika ada kritik dan saran, silakan hubungi kami melalui email.