Senin, 25 April 2016

Mengenal Kompos – Vermikompos

natro.wordpress.com

Vermikompos adalah kompos yang diperoleh dari hasil perombakan bahan-bahan organik yang dilakukan oleh cacing tanah. Vemikompos merupakan campuran kotoran  cacing tanah (kascing) dengan sisa media atau pakan dalam budidaya  cacing tanah. Oleh karena itu  vermikompos merupakan pupuk organik yang  ramah lingkungan dan memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan kompos lain yang kita kenal selama ini.



Manfaat Vermikompos

  1. Komposini mengandung berbagai unsur hara yang dibutuhkan tanaman seperti N,P, K, Ca, Mg, S, Fe, Mn, AI, Na, Cu, Zn, Bo dan Mo tergantung pada bahan yang digunakan. Vermikompos merupakan sumber nutrisi bagi mikroba tanah. Dengan adanya nutrisi tersebut mikroba pengurai bahan organik akan terus berkembang dan menguraikan bahan organik dengan lebih cepat. Oleh karena itu selain dapat meningkatkan kesuburan tanah, vermikompos juga dapat membantu proses penghancuran limbah organik 
  2. Kompos ini berperan memperbaiki kemampuan menahan air,membantu menyediakan nutrisi bagitanaman, memperbaiki struktur tanah dan menetralkan pH tanah. 
  3. Kompos ini mempunyai kemampuan  menahan air sebesar 40-60%.Halini karena struktur  vermikompos yang memiliki ruang-ruang yang mampu menyerap dan menyimpan air, sehingga  mampu mempertahankan kelembaban.
  4. Tanamanhanya dapat mengkonsumsi nutrisi dalam bentuk terlarut. Cacing tanah berperan mengubah nutrisi yang tidak larut menjadi bentuk terlarut. yaitu dengan bantuan enzim-enzim yang terdapat dalam alat pencernaannya.  Nutrisi tersebut terdapat  di dalam vermikompos, sehingga dapat diserap oleh akar tanaman untuk dibawa ke seluruh bagian tanaman. 
  5. Komposini banyak mengandung humus yang  berguna untuk meningkatkan  kesuburan tanah.  Kandungan humus pada vermikompos sebesar 13,88%. Humus merupakan suatu campuran yang kompleks, terdiri atas bahan-bahan yang berwarna gelap yang tidak larut dengan air (asam humik,asam fulfik dan humin) dan zat organik yang larut (asam-asam  dan gula). Kesuburan tanah ditemukan oleh kadar humus pada lapisan olah tanah. 
  6. Komposini mengandung  hormon tumbuh tanaman. Hormon tersebut tidak hanya memacu perakaran pada cangkokan.tetapi juga memacu pertumbuhan akar tanaman didalam tanah, memacu pertunasan ranting ranting  baru pada  batang dan cabang pohon, serta memacu pertumbuhan daun. 
  7. Komposini mengandung banyak mikroba tanah yang berguna. Dengan adanya mikroorganisme tersebut berarti vermikompos mengandung senyawa yang sangat diperlukan untuk meningkatkan kesuburan tanah atau untuk pertumbuhan  tanaman antara  lain bakteri Azotobacter sp. yang merupakan bakteri penambat N2 non simbiotik yang akan membantu memperkaya N di dalam vermikompos. Di samping itu Azotobacter sp juga mengandung vitamin dan asam pantotenat. 
  8. Kompos ini mempunyai struktur remah, sehingga dapat mempertahankan kestabilan  dan aerasi tanah. Vermikompos mengandung enzim protease, amilase, lipase dan  selulase yang berfungsi dalam perombakan bahan organik. 
  9. Kompos ini jugadapat mencegah kehilangan tanah akibat aliran permukaan. Pada saat tanah masuk kedalam saluran pencernaan cacing. maka cacing akan mensekresikan suatu senyawa yaitu Ca-humat. Dengan adanya senyawa tersebut partikel-partikel tanah diikat menjadi suatu kesatuan (agregat) yang akan dieksresikan dalam bentuk casting. Agregat-agregat itulah yang mempunyai kemampuan untuk mengikat air dan unsur hara tanah. Cara Pembuatan Vermikompos Bahan untuk pembuatan vermikompos berasal dari bahan organik seperti jerami  padi kotoran ternak(sapi, kerbau, kambing,  domba, ayam, kudadan isi rumen), sampah pasar dan limbah rumah tangga. Sebelum digunakan sebagai media atau pakan cacing tanah bahan organik tersebut difermentasi terlebih dahulu selamatiga minggu. Setelah bahanmedia di fermentasi dan kondisinya telah sesuai dengan persyaratan hidup bagi cacing tanah makacacing tanah dapat mulai dibudidayakan. Jenis cacing tanah yang dapat digunakan adalah Eisenia foetida atau Lumbricus rubellus. Budidaya dilakukan selama 40 hari, setelah itu dapat dilakukan panen cacing tanah, vermikompos dan kokon (telur). Produksi dan Kualitas Vermikompos Vermikompos yang dihasilkan dan usaha budidaya cacing tanah mencapai sekitar 70% dari bahan media atau pakan yang  diberikan.Misalnya jumlah media atau pakan yang diberikan selama 40 hari budidaya sebanyak 100 kg  maka vermikompos yang dihasilkan sebanyak 70kg.


Kualitas  vermikompos tergantung pada  jenis bahan media atau pakan yang digunakan, jenis cacing tanah dan umur vermikompos. Vermikompos yang dihasilkan dengan menggunakan cacing tanah Eisenia foetida mengandung unsur-unsur hara seperti N total 1,4-2,2%, P 0,6-0,7%, K 1,6-2,1%, C/N rasio 12,5-19,2, Ca1,3 -1,6%, Mg 0,4-0,95, pH 6,5-6,8 dengan kandungan bahan organik mencapai40,1 – 48,7%. Vermikompos mengandung hormon tumbuh seperti Auksin 3,80 ììgeq/g BK. Sitokinin I,O5 ììgeq/gBK dan Giberelin  2,75 ììgeq/gBK. Sedangkan vermikomposdari cacing tanah Lumbricus rubellus mengandungC 20,20%.N 1,58%, C/N 13, P 70,30 mg/100g,K 21,80mg/ 100g, Ca34,99 mg/100g, Mg 21,43 mg/100g, S153,70 mg/kg, Fe13,50 mg/kg, Mn 661,50 mg/ kg, AI5,00 mg/kg, Na 15,40 mg/kg, Cu 1,7 mg/ kg, Zn 33,55mg/kg. Bo 34,37 mg/kgdan pH 6,6-7,5.  Vermikompos yang berkualitas baik ditandai dengan warna hitam kecoklatan hingga hitam, tidak  berbau, bertekstur remah dan matang (C/N < 20).

Aplikasi Penggunaan Vermikompos 
Vermikompos dapat digunakan sebagai pupuk organik tanaman sayur-sayuran,buah-buahan, bunga, padi dan palawija serta untuk pemupukan rumput pada lapangan golf. 1 kg vermikompos dicampur dengan 3 kg tanah apabila digunakanuntuk tanaman di dalampot. 6-10 kg vermikompos watts setiap10m2 luas lahan atau 6-10 ton/ha lahan sawah. Takaran penggunaan ini sangat bergantung pada jenis tanaman dan tingkat kesuburan tanah yang akan dipupuk.

Nilai Ekonomis Vermikompos 
Untuk membuat vermikompos tidak membutuhkan biaya yang mahal, Peralatan dan bahan yang digunakan sederhana, tempat/lahan usaha relatif sempit, dapat dikerjakan oleh anak-anak hingga dewasa (lansia) pria atau wanita, dapat mencegah pencemaran lingkungan  akibat limbah organik yang belum dimanfaatkan,teknologinya sederhana, bahan media atau pakan cacing tanah berupa limbah organik tidak dibeli.  Dengan demikian dapat dijadikan sumber pendapatan baru bagi masyarakat.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah memberi komentar. Silakan di share untuk membagi manfaat bagi banyak orang. Jika ada kritik dan saran, silakan hubungi kami melalui email.