Senin, 02 Mei 2016

Pembibitan Anggrek

Bibit Anggrek di dalam Erlenmeyer

Pembibitan  anggrek  yang  dilakukan adalah didalam botol dan diluar botol, yang dilakukan didalam botol dengan menggunakan media tanam agar-agar yang telah dicampur dengan  beberapa  campuran  bahan  kimia  ataupun  pupuk  cair organik  (media  kultur  jaringan),  lalu  untuk  yang  diluar  botol, pembibitan dilakukan dengan menggunakan media tanam pakis dan arang  kayu.



Untuk  pembibitan  didalam  botol  dilakukan  dengan menggunakan media tanam agar-agar dan campuran bahan lainnya bertujuan karena biji yang dihasilkan dari buah anggrek sangatlah berukuran kecil sekali menyerupai tepung  yang sangat halus, satu buah anggrek dapat menghasilkan sekitar seribu biji anggrek yang harus disebar di atas media kultur jaringan. Biji yang telah disebar di  dalam  media  kultur  tersebut  lalu  dirawat  selama  sekitar  3 minggu  sampai  2  bulan  untuk  menunggu  tumbuhnya  anakan anggrek  yang  masih  kecil  yang  dinamakan  plantet.  Jika  selang  3 hari dari penaburan biji anggrek, pada media kultur tersebut tidak terkontaminasi jamur dan bakteri maka dapat disebut dengan steril dan kemungkinan besar biji yang ditabur akan tumbuh dengan baik.

Bibit Anggrek di Dalam Botol

Untuk  pembibitan  diluar  botol  dilakukan  dengan menggunakan media tanam berupa akar pakis dan arang kayu, akar pakis digunakan yang berupa lembutan atau ayakan jika untuk bibit yang  baru  keluar  dari  botolan.  Diusahakan  akar  pakis  tersebut direndam  dalam  air  dan  direbus  terlebih  dahulu  sekitar  setengah jam hingga mendidih, hal ini bertujuanuntuk menghilangkan sisasisa bakteri dan jamur  yang masih ada serta serangga  yang masih hidup.  Penggunaan  akar  pakis  ini  juga  dapat  dikombinasikan dengan menggunakan arang kayu yang masih bersih dan bebas dari lumut, penggunaan arang kayu dan akar pakis dapat menggunakan perbandingan  1:1.  Arang  kayu  ditempatkan  paling  bawah  pada media  pot  dan  akar  pakis  pada  lapisan  paling  atas.

Bibit Anggrek di Luar Botol

Fungsi  dari arang  kayu  yakni  untuk  memecu  pembentukan  akar  baru  pada tanaman  serta  tempat  melekatnya  akar  baru  anggrek,  mengingat arang  kayu  sangat  baik  dalam  penyerapan  air.  Akar  pakis diletakkan  pada  lapisan  paling  atas  untuk  menutupi  akar  anggrek agar  akar  terkondisi  selalu  lembab  tidak  kekeringan,  mengingat akar  pakis  sangat  baik  dalam  menyimpan  air  dan  tidak  mudah menjadi lapuk.

Untuk cara penanaman bibit dari keluar botol kultur yakni, pertama  isi  botol  berisi  bibit  anggrek  tersebut  dengan  air  hingga penuh  untuk  memudahkan  pengambilan  bibit  anggrek  muda  dan agar  akar  anggrek  lepas  dengan  agar-agar  yang  memadat. Masukkan  kawat  dalam  botol  dan  tarik  pelan-pelan  akar  bibit anggrek  ke  luar  botol  dan  tampung  semua  bibit  yang  dikeluarkan dari  botol  ke  dalam  baskom  yang  berisi  air  bersih  untuk membersihkan sisa agar-agar yang masih menempel pada akar bibit anggrek  lalu  tiriskan  di  atas  kertas  koran  sekitar  15  menit, kemudian bibit siap dipindahkan ke komuniti pot (kompot).

Untuk  cara  pembibitan  biji  anggrek  dalam  botol  yakni, pertama  siapkan  semua  campuran  media  kultur  jaringan  yang dibutuhkan,  lalu  rebus  hingga  mendidih.  Siapkan  botol  selai  atau botol  saus  yang  sudah  dibersihkan  sebelumnya  dan  masukkan semua  campuran  larutan  tadi  ke  dalam  botol  saus  yang  telah dibersihkan  tadi  dan  tutup  dengan  plastik  tebal  atau  karet.  Lalu dioven  selama  15-30  menit  untuk  sterilisasi  media  dan  botol. Setelah semua selesai, lalu ambil botol yang terisi media agar-agar tadi ke dalam entkas (tempat penabur) steril, masukkan juga buah anggrek  yang  sudah  matang,  lalu  celupkan  buah  anggrek  dalam spirtus dan bakar sebentar untuk membunuh bakteri yang ada. Lalu diatas  petridish,  belah  buah  anggrek  tadi  menjadi  dua  bagian  dan ambil bijinya lalu taburkan di dalam botol yang berisi media agaragar tadi dan tutup botolnya kembali, tunggu 3 hari untuk melihat apakah  kontam  atau  tidak,  jika  tidak  maka  biji  yang  disebar ditunggu sekitar 3 minggu, maka akan terlihat hasilnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah memberi komentar. Silakan di share untuk membagi manfaat bagi banyak orang. Jika ada kritik dan saran, silakan hubungi kami melalui email.