Senin, 25 April 2016

Mengenal Kompos - Mikro Organisme Lokal (MOL)

dkp.kedirikota.go.id

MOL adalah cairan yang terbuat dari bahan-bahan alami yang disukai sebagai media hidup dan berkembangnya mikro organisme yang berguna untuk  mempercepat  penghancuran bahan-bahan organik  atau sebagai dekomposer/aktivator dan juga sebagai  tambahan nutrisi bagi tumbuhan yang  sengaja dikembangkan dari mikro organisme yang beradadi tempat  tersebut. Adapun bahan yang digunakan untuk mengembangkan mikro organisme lokal  tersebut antara lain: limbah hijauan sayuran segar, rebung bambu,keong mas, buah maja dan mol limbah buah buahan.



Berikut adalah cara pembuatan dekomposer dengan bahan yang mudah didapat yaitu keong mas dan buah maja.

dusunmekarsari.blogspot.com

Pembuatan Dekomposer dengan Bahan Keong mas 

Bahan yang diperlukan:

  1. 5 Kg keong mas yangmasih hidup/segar,
  2. 2 buah buah maja  matang (jikatidak  ada dapat diganti dengan cairan tebu 1 liter, atau gula merah 1kg) dan 
  3. air kelapa 10liter. 

Cara membuat:
Keong mas ditumbuk hingga halus, masukkan pada tong plastik, campurkan dengan buah maja yang sudah dihaluskan atau gula yang lebih dulu dihaluskan atau atau cairan tebu, tambahkan 10 liter air kelapa dan aduk hingga rata. Tutup rapat dengan plastik dan berikan slang palstik yang disambungkan pada botol yang telah berisi air.

Cara Penggunaan:
Untuk  pengomposan:  Dengan  konsentrasi  1  :  5 (1 liter cairan MOL ditambah dengan 5 liter air tawar), tambahkan 1 ons gula merah,aduk rata dan siramkan pada  bahan organik yang mau dikomposkan.

Penggunaan pada tanaman: dapat disemprotkan pada berbagai tanaman  dengan konsentrasi  400 cc dicampur dengan 14 liter  air tawar. Pada tanaman padi sejak fase vegetatif hingga generatif (umur 10, 20, 30, 40 atau umur setelah fase masak susu). MOL keong mas ini dapat dicampur dengan MOL lainnya. Disemprotkan pada pagi/sore hari,  hindari penyemprotan pada siang hari (saat terik matahari).

www.agropustaka.com

Pembuatan Dekomposer dengan Bahan Buah Maja 

Bahan:

  1. 5 buahlabu kayu/maja yang matang,
  2. 30 liter air beras, 
  3. 20 liter air kencing  sapi/ Kebau/Kambing atau Kelinci.

Cara Pembuatan: 
Buah maja dihaluskan dan dimasukkan pada drum/tong plastik, campurkan dengan 30liter air beras dan 20 liter air kencing, diaduk hingga rata dan tutup rapat dengan plastik. Masukan  slang palstik (diameter0,5cm) sambungkan kedalam botol plastik yang sudah berisi air tawar,simpan (fermentasi) selama 15 hari.

Penggunaan: 

  1. Pengomposan: 1 liter MOL maja dicampur dengan 5 liter air tawar, tambahkan 1 ons gula merah dan aduk hingga rata, siramkan pada bahan organik yang akan dikomposkan hingga rata. 
  2. Penggunaan pada tanaman: Penyemprotan dilakukan pagi/sore hari dengan konsentrasi 400 cc ditambah dengan 14 liter  air tawar,aduk hingga rata. Disemprotkan pada umur tanaman padi: 10 hari, 20, 30, 40 dan fase akhir pembungaan (generatif).

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah memberi komentar. Silakan di share untuk membagi manfaat bagi banyak orang. Jika ada kritik dan saran, silakan hubungi kami melalui email.